PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 8 KELAPA KAMPIT

Larayani, Sevti, 195060013 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 8 KELAPA KAMPIT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Contextual Teaching And Learning, dan Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Quizizz. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, Sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas V di SDN 8 Kelapa Kampit, yang terdiri dari kelas V-A (eksperimen) dan kelas V-B (kontrol) akan diambil sampel sebanyak 18 peserta didik, maka keseluruhannya dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengukuran data yang digunakan pada penelitian ini adalah Tes, sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket . Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa analisis data yang menggunakan uji N-gain yaitu 62% kelas eksperimen dan 37% kelas kontrol dengan interpretasi dalam kategori tinggi untuk kelas eksperimen dan kategori sedang untuk kelas kontrol. Data perhitungan respon peserta didik dilihat dari lembar angket. Hasil dari perhitungan menggunakan excel yaitu pernyataan soal positif peserta didik yang sangat setuju 64,14%, setuju 25,25%, kurang setuju 1,52%, tidak setuju 7,07%, sangat tidak setuju 2,02. Sedangkan pernyataan soal negatif peserta didik yang sangat setuju 0,00%, setuju 2,27%, kurang setuju 8,33%, tidak setuju 40,91%, dan sangat tidak setuju 48,49%. Dengan menggunakan perhitungan uji descriptive dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 57,55 dan hasil post-test kelas eksperimen yaitu 79,15, pada kelas kontrol hasil pre-test yaitu 48,25 dan hasil post-test kelas kontrol 68,25. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dapat terlihat bahwa masing-masing kelas nilai post-test lebih besar di bandingkan dengan nilai pre-test, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas V SDN 8 Kelapa Kampit. Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Quizizz, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:30
Last Modified: 29 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64431

Actions (login required)

View Item View Item