PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

HIJRINA, NADIYA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 128 Haurpancuh Kota Bandung tahun ajaran 2022/2023. Jumlah objek dalam penelitian ini adalah 52 peserta didik dengan peserta didik pada kelas VB berjumlah 26 orang dan peseta didik kelas VC berjumlah 26 orang. Kelas eskperimen yaitu pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dilaksanakan di kelas VC, sedangkan kelas kontrol yaitu pembelajaran konvensional dilaksanakan di kelas VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes berpikir kritis. Peneliti malakukan analisis data dengan menggunakan Software SPSS versi 26. Hasil penelitian pada uji Independent Sample T Test menunjukkan bahwa Signifikasi 0,000. Berdasarkan ketentuan yang berlaku bahwa hasil uji signifikasi 0,000 < 0,005 yang menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini juga didukung dari nilai perhitungan Effect Size sebesar 2,04 dengan interpretasi dalam kategori besar yakni > 0,8. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:20
Last Modified: 28 Jul 2023 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64423

Actions (login required)

View Item View Item