AZZAHRA, SALSABILA, 175060123 (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI KELAS IVA SDN 042 GAMBIR KOTA BANDUNG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (4kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Sunda.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir dan hasil belajar peserta didik di SDN 042 Gambir Kota Bandung akibat dari dampak pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta didik melakukan kegiatan belajar di rumah tanpa bimbingan secara langsung dari gurunya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh apa pengaruh dari model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan berpikir dan hasil belajar peserta didik kelas IV selama melaksanakan pembelajaran secara PTMT di SDN 042 Gambir Kota Bandung. Dalam pelaksanaannya penelitian ini mengguakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menjabarkan hasil penelitian secara apa adanya. Di dalam penelitian ini peneliti mengambil satu kelas dari 3 rombel yang ada di SDN 042 Gambir Kota Bandung, yaityu kelas IVA yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengambil nilai rata-rata tes di akhir pembelajaran serta hasil dari lembar observasi aktivitas belajar di akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa model pembelajaran saintifik memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir dan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran saintifik pada kenyataannya jika dilakukan secara langsung dapat menaikan kemampuan berpikir peserta didik dan meningkatka hasil belajar peserta didik. Kata kunci: saintifik, kemampuan berpikir, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 May 2023 08:10 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63750 |
Actions (login required)
View Item |