PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

HAMIDAH, HANA, 185060128 (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik di SDN Cikembang 01. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cikembang 01 dengan menerapkan model Project Based Learning. Didalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu menggunakan kuasi eksperimen (Quasi Eksperimen Design). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kelas IV SDN Cikembang 01. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes, dan observasi. Tes yang digunakan yaitu menggunakan pretest dan posttest yang dijadikan untuk data hasil belajar peseta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk menguji nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Peired Sample Test dan Uji N-Gain. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning meningkat lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam sebuah proyek yang harus diselesaikan oleh peserta didik, peserta didik dituntut untuk merancang untuk memecahkan sebuah permasalahan, melakukan investigasi, mengambil keputusan yang menjadikan peserta didik aktif dan hasil belajarnyapun lebih meningkat. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Apr 2023 06:45
Last Modified: 15 Apr 2023 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63366

Actions (login required)

View Item View Item