Fariz, Idham Miftahul, 185060059 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (457kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) merupakan sebuah pembelajaran yang mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok belajar untuk melakukan diskusi serta mempresentasikannya di depan kelas. Model pembelajaran ini dapat dikatakan cukup efektif apabila diterapkan kedalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi selama pembelajaran di kelas dan dianalisis secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pretest dan posttest dengan sampel yang digunakan pada siswa kelas V sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian menunjukan Kelas kontrol memiliki rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 43,598% sedangkan kelas eksperimen memiliki ratarata aktivitas belajar siswa sebesar 92,25% sehingga peningkatan aktivitas belajar menggunakan metode ini sebesar 48,652%. Selanjutnya, hasil belajar siswa di kelas eksperimen maupun control dinyatakan data tersebut homogen karena (sign) > 0,005, maka Ho diterima. Rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen (Pembelajaran Kooperatif menggunakan TTW) sebesar 54,1332 atau 54,2% termasuk dalam kategori cukup efektif sedangkan rata rata N-gain score untuk model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada kelas control sebesar 15,5894 atau 15,6% termasuk kategori tidak efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif menggunakan (TTW) cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Aktivitas belajar siswa, hasil belajar, Think Talk Write, Uji N-Gain
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 06:56 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 06:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63153 |
Actions (login required)
View Item |