Fauziah, Widia, 185060087 (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment Di Kelas III SDN Toblong 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini yang menjadi alasan atau motivasi peneliti dalam melakukan ialah dilatarbelakangi akan rendahnya hasil belajar siswa kelas III di SDN 02 Toblong didasari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Maka, dari hasil observasi tersebut peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 02 Toblong. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental. Yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III di SDN 02 Toblong yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari kelas IIIA 20 siswa dan IIIB 20 siswa. Dari dua kelas tersebut akan dibagi menjadi kelas kontrol dan eksperimen. Tindakan yang akan diberikan pada kelas eksperimen yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sedangkan untuk kelas kontrol akan diberikan Tindakan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh dalam hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw di SDN 02 Toblong. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai t hitung sebesar Sig. <0,001< 0.05 yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada sekor Post test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 06:44 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 06:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63086 |
Actions (login required)
View Item |