PAQUITA, REVITA DWI, 185060111 (2023) PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I SKRIPSI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II SKRIPSI.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
Text
13. BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) |
||
Text
14. BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Adapun, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penggunaan media wordwall pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 067 Nilem Kota Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Dari pemberian tes awal yang telah diberikan kepada siswa kelas V menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada materi matematika tentang operasi hitung pecahan kurang. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 067 Nilem, dengan sampel sebanyak dau kelas yaitu kelas V-B sebagai kelas eksperimen, dan kelas kontrolnya yaitu kelas V-C. data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk soal uraian sebanyak 10 soal yang diberikan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Data hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 38,59, dan rata-rata posttest sebesar 82,00. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 37,48, dan ratarata posttest sebesar 62,00. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media wordwall dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi operasi hitung pecahan, yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kata Kunci: Media Wordwall, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 02:37 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 02:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62870 |
Actions (login required)
View Item |