Damayanti, Damayanti (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI DESA BARUSUDA KECAMATAN CIGEDUG KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Peraturan Menteri Desa No 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Desa No 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Pengaturan terkait dengan BLT-Dana Desa dapat dilihat pada pasal 8, pasal 8A, serta pada Lampiran-1 dan Lampiran-2 yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Permendes No 6 Tahun 2020 ini. Dengan dikeluarkannya peraturan ini Pemerintah Desa Barusuda Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut mengalokasikan dana yang bersumber dari dana desa untuk mengurangi dampak pandemi covid19. Hal ini menyebabkan pengalokasian kebutuhan desa yang banyak dengan ketentuan persentase dari pemerintah pusat terkait BLT-DD yang terbatas menjadikan target sasaran yang layak menerima BLT-DD ini tidak merata. Berangkat dari hal tersebut menimbulkan terjadinya tumpang tindih target sasaran program bantuan sosial sehingga program kualitas pelayanan BLT-DD ini kurang optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dan melakukan pengecekan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian yang menggunakan pengukuran dari dimensi menurut Zeithaml dalam Hardiansyah (2018) dinilai bahwa kualitas pelayanan BLT-DD di Desa Barusuda berjalan dengan baik, namun pada pelaksanaannya kurang optimal. Dikatakan sudah baik karena penerima BLT-DD dilayani secara maksimal dengan kehandalan (reliability) yang dimiliki oleh tiap staff Desa Barusuda menggunakan kemampuan dan keterampilannya dengan baik. Pelayanan BLT-DD di Desa Barusuda dilaksanakan dengan mendahulukan kepentingan masyarakat dan dilayanai dengan cepat tanggap (responsiveness). Terlaksana dengan jaminan (assurance) yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Namun, pelayanan BLT-DD dinyatakan kurang optimal karena dalam pelaksanaan pembagian BLTDD berlangsung kurang tertib disebabkan oleh sarana dan prasarana yang belum memenuhi standar operasional (tangible). Selain itu tumpang tindih atas ketidak tepat sasaran bantuan karena kurangnya empati Pemerindah desa Barusuda dalam pemilihan calin penerima BLT-DD dilihat dari segi kelayanan (emphaty). Kata Kunci: Kualitas Pelayanan BLT-DD, Desa Barusuda Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 18 Mar 2023 02:44 |
Last Modified: | 18 Mar 2023 02:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62677 |
Actions (login required)
View Item |