Fadhila Fakhira Yurimeliska, 182050334 (2023) STRATEGI HUMAS KPID JAWA BARAT DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA LEMBAGA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (3 bahasa).pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Humas KPID Jawa Barat dalam Mempertahankan Citra Lembaga” studi kasus pembatasan pemutaran 42 lagu bernuansa seksual. Studi kasus ini diangkat karena menjadi perhatian publik pada pertengahan tahun 2021. Surat edaran yang berisi pembatasan pemutaran 42 lagu menjadi pro kontra di masyarakat sehingga berdampak terhadap citra lembaga KPID Jawa Barat. Sementara itu, KPID Jawa Barat memiliki tagline “menjaga mata dan telinga masyarakat Jawa Barat”, dalam kasus pembatasan pemutaran 42 lagu termasuk dari wujud untuk menjaga mata dan telinga masyarakat Jawa Barat, karena menjaga dari isi siaran yang tidak sesuai jangan sampai di tonton atau di dengar oleh anak – anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana KPID Jawa Barat melaksanakan strategi humas untuk mempertahankan citra lembaga serta untuk mengetahui citra yang tertanam di benak publik internal dan ekternal terhadap lembaga. Digunakan teori strategi bauran Public Relations “PENCILS” dari Philip Ktler dan Thomas L. Harris serta teori citra (Image Theory) dari Frank Jefkins. Teori citra memiliki empat indikator untuk melihat sebuah citra dari pandangan individu yakni persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan metode ini, peneliti memperoleh data dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam (in depth interview), observasi langsung ke lapangan, serta dokumentasi data data yang mendukung penelitian. Penelitian ini mengambarkan bagaimana strategi yang dilakukan KPID Jawa Barat dalam mempertahankan citra lembaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bidang Kelembagaan yang menjalankan fungsi kehumasan di KPID Jawa Barat telah menjalankan semua strategi bauran Public Relations PENCILS untuk mempertahankan citra positif lembaga. Namun, tidak semua aspek dijalankan dengan optimal. Hal tersebut dapat terlihat dari persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap yang terbentuk dalam benak publik. Adapun saran dalam penelitian ini ialah dengan terus mengoptimalkan strategi – strategi yang dapat meningkatkan citra positif lembaga sehinga citra lembaga serta tagline “menjaga mata dan telinga masyarakat Jawa Barat” dapat terus dipertahankan. Kata Kunci: Strategi Humas, Citra, KPID Jawa Barat.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 03:27 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 03:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62583 |
Actions (login required)
View Item |