APRILIANA, ANISA, 185060032 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP PECAHAN SOAL CERITA (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Pertiwi Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (51kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada konsep pecahan siswa kelas V SD Pertiwi Kota Bandung..Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Pertiwi sebanyak 64 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas VA sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah modelproblem based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam menggunakan langkahlangkah problem based learning yang dilihat dari hasil lembar observasi bahwa guru sudah melakukan langkah-langkah PBL sesuai dengan sintaks PBL,aktivitas siswa kelas experiment pada penggunaan model problem based learning dalam hasil lembar observasi jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan problem based learning, kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah penggunaan problem based learning setiap aspek dalam pemecahan masalah memiliki total rata-rata skor yang mencakup kategpri “baik” sehingga dapat dikatakan problem based learning berpengaruh pada aspek pemecahan masalah kelas experimen. Nilai rata-rata matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah pada saat penggunaan problem based learning mendapat nilai 83,09 sehingga dapat dikategorikan“Baik”. Model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada konsep pecahan siswa kelas V SD Dilihat dari hasil uji effectsize sebesar 0,88 dengan interpretasi dalam kategori besar sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada kemampuan pemecahan masalah siswa, dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara signifikan pada skor post-test kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Konsep Pecahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 06:40 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 06:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62454 |
Actions (login required)
View Item |