PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Amelia, Nadia (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 .COVER DEPAN.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Standar hidup yang lebih tinggi dan kemajuan suatu bangsa merupakan dua tujuan pendidikan. Kemajuan negara secara keseluruhan akan dipengaruhi oleh standar pendidikan yang tinggi. Bagaimana meningkatkan mutu pendidikan, yang biasanya berkorelasi dengan prestasi belajar peserta didik, merupakan tantangan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini. Untuk mendorong motivasi, rasa ingin tahu, dan belajar aktif sekaligus mengasah kemampuan berpikir peserta didik, diperlukan inovasi dalam pemilihan model pembelajaran. Tujuan dari pengkajian ini ialah guna mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran berbasis media video youtube bisa menolong peserta didik menjadi pemikir yang semakin kreatif terkait dengan topik keanekaragaman hayati. Desain pra-eksperimen tipe satu kelompok pretestposttest digunakan pada pengkajian ini. Peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Pasundan 2 Bandung dijadikan selaku subjek penelitian. Instrumen yang dipakai merupakan tes uraian 10 soal dengan indikator kreativitas pada soal keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji hipotesis memperlihatkan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikasi, sehingga hipotesis pada penelitian diterima dimana terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hal itu bisa disimpulkan dapat bahwa pendekatan pembelajaran berbasis media video youtube dapat membantu peserta didik mengembangkan kapasitas berpikir kreatifnya. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Youtube, Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:32
Last Modified: 20 Jan 2023 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62015

Actions (login required)

View Item View Item