Aprilia, Sendi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SD NEGERI 13 TOBOALI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang baik selama masa pademi covid-19 ini dapat membantu dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. model pembelajaran yang dapat diterapkan sesuai dengan karakteristik siswa adalah model blended learning. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui konsep Model Blended Learning untuk Meningkatkan MotivasiBelajar Siswa Sekolah Dasar V di SD Negeri 13 Toboali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu kuasi Eksperimen. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis purposive sampling, Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 13 Toboali, maka kelas V-A (eksperimen) maupun kelas V-B (kontrol) akan di ambil masing-masing sampel sebanyak 15 siswa, maka total keseluruhan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis data yang menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh hasil t hitung sebesar-1,592 dengan nilai sig, 0,135> 0,05. Yang dapat disimpulkan bahwa pembelajaran blended learning berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada kelas V SDN 13 toboali. Dengan menggunakan uji paired sample t menunjukkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 57,93 dengan besaran error yaitu 1,5. Sedangkan pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 61,13 dengan error 1,6, Maka dapat disimulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang disignifikan pada hasil yang didapatkan sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran blanded learning pada siswa kelas V SDN 13 Toboali. Kata kunci: Blanded Learning, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:11 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 04:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62010 |
Actions (login required)
View Item |