PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Mathlaul Khoeriyah)

SETYOWATI, ALFINA OKTAVIANI, 185060086 (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Mathlaul Khoeriyah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas V SD Mathlaul Khoeriyah, Tamansari Kota Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Dari pemberian tes awal yang telah diberikan kepada siswa kelas V menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Mathlaul Khoeriyah dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang diberikan pada saat pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 39,62 dan ratarata posttest sebesar 79,23. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 39,08 dan rata-rata posttest sebesar 57,31. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang terlihat dari peningkatan peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kata Kunci: Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:59
Last Modified: 23 Nov 2022 01:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61682

Actions (login required)

View Item View Item