PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

Rindiani, Risti, 185050055 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrac.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan tidak efektifnya kegiatan pembelajaran sehingga tidak jarang rendahnya kemampuan yang dimiliki peserta didik, salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan dalam penggunaan model dan media pembelajaran di sekolah agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan optimal. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extenting) berbantuan Google Classroom. Kemampuan pemecahan masalah matematis juga dapat dikuasai dengan baik jika didukung dengan kemampuan afektif, salah satunya adalah self-efficacy. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; apakah kemampuan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Google Classroom lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Google Classroom. Metode penelian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Lembang. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Google Classroom lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Kemampuan selfefficacy peserta ddik yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Google Classroom tidak lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensioanl; 3) Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Google Classroom. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Efficacy, dan Model Pembelajaran CORE berbantuan Google Classroom

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:44
Last Modified: 11 Nov 2022 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61090

Actions (login required)

View Item View Item