Shandra Permata Citra, 182050118 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM PURU KAMBERA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
COVER SHANDRA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SHANDRA.pdf Download (4kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI SHANDRA.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan Perbaikan Skripsi.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SHANDRA.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR SHANDRA.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SHANDRA.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 SHANDRA.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 SHANDRA.pdf Download (492kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELLAUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM PURU KAMBERA”. Dalam penelitian ini memfokuskan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Puru Kambera pada media sosial Instagram untuk tetap bisa bertahan dan bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif dan menggunakan Teori Integrated Marketing Communication (IMC) (Promotion Mix) dari George E. Belch. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan, dan observasi wawancara mendalam. Jumlah informan dalam penelitian ini ada 4 (empat) yaitu 1 (satu) informan inti pemilik atau owner dari Puru Kambera, 2 (dua) informan pendukung sebagai freelancer di Puru Kambera, dan 1 (satu) informan akademisi dosen Fakultas Ilmu Komunikasi bidang kajian Komunikasi Marketing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 5 (lima) elemen Integrated Marketing Communication dalam promotion mix yaitu elemen pertama advertising yang menjelaskan bahwa Puru Kambera menggunakan tiga platform dalam melakukan advertising untuk menarik konsumen lebih banyak salah satunya Instagram. Elemen kedua public relation yang menjelaskan bahwa bentuk kehumasan yang mereka lakukan dinilai efektif dan dapat menjadi sebuah hubungan antara mereka dengan masyarakat. Elemen ketiga event sponsorship yang menjelaskan bahwa melalui Instagram dalam tujuannya untuk menarik perhatian terhadap produk baru, atau kegiatan pemasaran lainnya yaitu dengan menyelenggarakan event khusus seperti Private Preview Raya Collection, seminar, podcast, hingga sponsor dan budaya yang menjangkau publik. Elemen keempat personal selling yang menjelaskan bahwa tujuan yang dicapai adalah sell, dipakai untuk branding dan sangatlah efektif karena mayoritas masyarakat indonesia ataupun masyarakat luar menggunakan media sosial Instagram sebagai tempat untuk jual beli produk salah. Elemen kelima Puru Kambera menggunakan beberapa strategi dalam sales promotion seperti endorse, diskon HARBOLNAS, payday sale dari tanggal 25- 30 diskon 10-30%, jumat berkah event weekly diskon 10%. Setiap produk baru launching Puru Kambera mengeluarkan berbagai macam give away selain itu selalu ada promo- promo, discount, dan voucher lainnya. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Integrateg Marketing Communication, Promotion Mix, Instagram, Puru Kambera.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:20 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60746 |
Actions (login required)
View Item |