PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATERI TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 1 SDN 070 PASIRLUYU

HIDAYATI, NURUL, 185060057 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATERI TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 1 SDN 070 PASIRLUYU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 070 Pasirluyu yang berjumlah 50 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda tentang materi macam-macam gaya yang terdapat dalam Tema 7 Subtema 1 dan lembar kerja siswa sebagai data penunjang. Kesahihan dan kepercayaan instrumen penelitian ini diperoleh melalui uji validasi, uji reliabilitas, uji indeks tingkat kesukaran dan daya pembeda. Penelitian yang dilakukan di SDN 070 Pasirluyu Tahun Ajaran 2022/2023 menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 84,38, dan nilai ratarata kelas kontrol yaitu 66,25. Hasil penelitian menunjukkan analisis data kedua kelas menggunakan uji t (t-test) diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan thitung˃ttabel yaitu 3,906 ˃ 2,042 maka dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, adanya pengaruh antara pretest dan posttest tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan model konvensional (passive learning) dalam pembelajaran IPA pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 materi macam-macam gaya kelas IV. Kata kunci: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, SDN 070 Pasirluyu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:59
Last Modified: 03 Nov 2022 07:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60676

Actions (login required)

View Item View Item