RAHMATIKA ,, 185060148 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
daftra Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman siswa yang dikaitkan dengan masalah yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari dan memerlukan pemecahan masalah. Dalam pemecahan masalah yang dihadapi siswalah diperlukan kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan kebanyakan kemampuan berpikir kritis lebih sering dilakukan pada kelas tinggi seperti kelas 4, 5, dan 6. Sehingga saat kelas 3 berada di kelas 4 mereka sedikit bingung dengan cara penggunaan kemampuan berpikir kritis yang belum terbiasa dilakukan. Model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kelas 3 SD siswa harus dibimbing untuk bisa berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan. Peneliti menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen dalam penelitian. Penelitian ini diperlukan pembuktian bahwa pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Maka dilakukan kegiatan pembelajaran secara onsite atau dilakukan disatu tempat yaitu di kelas 3 SD. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD pada SDN 067 Nilem, secara keseluruhan berjalan sangat baik dan sesuai dengan harapan bahwa selama penelitian berlangsung di dalam kelas terlihat siswa yang merasa menyenangkan selama pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan tahapan yang dilakukan dan respon siswa sesuai dengan tahapan kegiatan baik dalam berpikir kritis terhadap permasalahan yang telah diberikan dan tahapan pengelompokan serta pemecahan masalah pada kegiatan LKPD. Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis. Dari hasil data penelitian dengan menggunakan uji Wilcoxon maka terlihat bahwa nilai yang dihasilkan 0,00 dimana hal tersebut kurang dari 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis di kelas 3 SD.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:29 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60634 |
Actions (login required)
View Item |