Az-zahra Az-zulfah N, 182050168 (2022) INTERAKSI SIMBOLIK KOREAN ROLEPLAYER (Studi Deskriptif Kualitatif Korean Roleplayer di media sosial Telegram). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Interaksi Simbolik Korean Roleplayer (Studi Deskriptif Kualitatif di Media Sosial Telegram)”Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui mind yang dibentuk para koreanroleplayer di media sosial Telegram, untuk mengetahui self yang dibentuk para koreanroleplayer di media sosial Telegram, dan juga untuk mengetahui society yang dibentuk para korean roleplayer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teori Interaksi Simbolik milik George Herbert Mead sebagai landasan teori. Sedangkan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, observasi lapangan, dan wawancara dengan informan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mind yang dibentuk oleh para korean roleplayer di Telegram berubah sedikit demi sedikit mengenai cara pandang mengenai roleplayer, dirinya, bahkan lingkungannya. Self yang dibentuk koreanroleplayer di Telegram memiliki banyak ragam karakter atau ciri khas yang berbeda-beda tetapi ciri khas mereka yang sama yakni menjadi seorang ekstrovert dalam roleplay. Society yang dibentuk para informan melalui sebuah grup atau komunitas yang terdapat pada media sosial Telegram, informan mengatakan bahwa society cukup mempengaruhi mereka dalam kehidupan nyata para pemain. Saran yang akan dapat peneliti sampaikan setelah melakukan penelitian ini yaitu untuk lebih berhati-hati dalam bertindak dalam media sosial terlebih pada roleplayer yang harus menjaga nama baik orang lain yang ia perankan, lebih berhati-hati juga dalam mencari pergaulan walaupun dalam media sosial, memang korean roleplay ini bagus untuk bersosialisasi dengan banyak orang diluaran sana juga dapat menjadi pelarian dalam kehidupan nyata pemain tetapi lebih baik pemain agar tetap mengingat dan melaksanakan kewajibannya di kehidupan nyatanya. Kata Kunci : Interaksi simbolik, Korean Roleplayer, Telegram, Konsep diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:16 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60591 |
Actions (login required)
View Item |