OKTAVIANIE , ELDI PURI TRI, 185030098 (2022) PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
6. Ringkesan.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Berbahasa yang baik dan benar merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Adapun langkah dalam menciptakan tuturan yang efektif yaitu dengan mematuhi prinsip kerja sama yang di adopsi oleh teori Grice (1957). Pada era sekarang ini, tidak sedikit siswa yang kurang dalam memperhatikan kebahasaannya. Sebagai salah satunya, ditemukan pada siswa kelas VIII B SMP Indonesia Raya. Oleh sebab itu, dilakukanlah penelitian mengenai analisis pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan realisasi pematuhan dan jenis pelanggaran prinsip kerja sama, menjelaskan faktor penyebab terjadinya pelanggaran prinsip kerja sama, serta mengetahui solusi dalam meminimalkan pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran diskusi kelas VIII. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendakatan deskriptif. Data yang dianalisis berupa tuturan siswa pada saat pembelajaran diskusi. Sumber data pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII B SMP Indonesia Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya realisasi pematuhan prinsip kerja sama yang dilakukan oleh siswa, dengan jumlah data sebanyak 7 tuturan. Sedangkan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa meperoleh data sebanyak 16 tuturan. Adapun faktor penyebab terjadinya pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa, meliputi: (1) Tidak fokus, (2) suasana tidak kondusif, (3) kurangnya peserta didik dalam menguasai materi, dan (4) tidak percaya diri. Selain itu, terdapat solusi dalam meminimalkan pelanggaran prinsip kerja sama dalam diskusi siswa, diantaranya: (1) sosialiasi pengenalan prinsip kerja sama, (2) mengarahkan peserta didik berturur sesuai pematuhan prinsip kerja sama, dan (3) mempraktekan komunikasi pematuhan prinsip kerja sama yang di adopsi oleh teori Grice (1957). Kata kunci : Pragmatik, Prinsip Kerja Sama, Diskusi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 08:44 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 08:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60537 |
Actions (login required)
View Item |