LESMANA, NOGI, 185030022 (2022) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERORIENTASI FENOMENA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK SMP PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini diawali oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis dan mengarang teks eksplanasi. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya kesadaran pendidik dalam pemilihan serta dalam menggunakan model pembelajaran yang mampu membelajarkan peserta didik. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi serta keaktifan peserta didik ketika di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model contextual teaching and learning. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini tidak terlepas dari untuk menilai kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menggunakan model contextual teaching and learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi fenomena sosial pada peserta didik untuk mengetahui serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi fenomena sosial pada peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model contextual teaching and learning. Penelitian ini penulis laksanakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Data yang diperoleh adalah data pretest dan posttest dari kelompok eksperimen dan kontrol dari kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi fenomena sosial pada peserta didik menggunakan model contextual teaching and learning dengan rerata 3,7 pada perencanaan dan 3,5 pada pelaksanaan; 2) kemampuan peserta didik meningkat, dengan nilai rerata pretest 18,75 menjadi 76,25 pada posttest. Dengan demikian, berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran contextual teaching and learning dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran. Kata Kunci: model pembelajaran, contextual teaching and learning, teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 06:53 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60330 |
Actions (login required)
View Item |