Elika Dewi Faustine, 182010139 (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
1. cover skripsi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
3Abstrak 3 bahasa.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka..pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Pelayan publik selalu menjadi pembicaraan masyarakat yang krusial, tentu perlunya wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan setiap masalah aktivitas pelayanan yang dihadapi. Seiring dengan hadirnya inovasi Pemerintah Kota Bandung di Dinas Komunikasi dan Informatika yakni Program LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) yang sudah ada sejak tahun 2014. LAPOR! ini dibangun sebagai sebuah wadah, sarana dalam kegiatan penyampaian pengaduan maupun aspirasi dalam ranah pelayanan publik dengan itu penelitian ini membahas efektivitas serta masalah yang dihadapi dalam penerapan Program LAPOR! di Kota Bandung dengan tujuan menganalisis, menelaah lebih mendalam tentang masalah dan capaian pelayanan publik, karena itu memiliki fokus efektivitas program dan mengukurnya dari teori Edy Sutrisno dalam Rini Andriani (2018) dengan indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, perubahan nyata. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yakni berkenaan pada suatu peristiwa atau gejala, hingga fakta sosial di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Program LAPOR! sudah dikatakan efektif sebab sudah sebagian masyarakat yang menggunakan, namun partisipasinya belum menyeluruh secara optimal tersosialisasi kepada Masyarakat Kota Bandung terutama warga yang awam akan teknologi dan proses penanganan pengaduan masih ada pengaduan yang cukup lama prosesnya. Kata Kunci: Pelayanan Publik, LAPOR!, Efektivitas
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:51 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59909 |
Actions (login required)
View Item |