Pratama, Adinda Putri, 185020024 (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Karakteristik Perusahaan Jasa Kelas XII MIPA SMA Negeri 17 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstract.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
9. abstrak sunda.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
11. bab I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
12. bab II.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
13. bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
14. bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
15. bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
|
Text
16. daftar pustaka.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana pembinaan kemampuan literasi digital siswa pada mata pelajaran ekonomi materi karakteristis perusahaan jasa kelas XII MIPA di SMA Negeri 17 Bandung, (ii) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi materi karakteristis perusahaan jasa kelas XII MIPA di SMA Negeri 17 Bandung, (iii) Seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran ekonomi materi karakteristis perusahaan jasa XII MIPA di SMA Negeri 17 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan Teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukan: (i) Pembinaan literasi digital kepada peserta didik berada pada angka 3,80 dengan persentase 76,0% dan penafsiran baik, (ii) kemampuan berpikir kritis berada pada angka 3,69 dengan persentase 73,8% dan penafsiran baik, (iii) diperoleh R sebesar 0,687 Besar kontribusi yang diberikan variabel x dilihat dari R square sebesar 0,472, hal ini menunjukan bahwa pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 47,2% yang artinya tingkat pengaruh antar kedua variabel cukup kuat. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak terkait: (i) bagi peserta didik untuk dapat terus meningkatkat kemampuan berpikir kritis agar terciptanya pembelajaran yang aktif, dan tetap menggunakan interner sebagai hal-hal yang positif seperti sumber, (ii) bagi sekolah literasi digital harus diterapkan kepada semua pihak baik peserta didik maupun tenaga pendidik guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (iii) bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti di bidang yang sama diharapkan dapat mengkaji dan menguatkan lagi teori yang dijadikan referensi, dan dapat mengembangkan kembali pembelajaran yang mempeerlihatkan pembinaan literasi digital. Kata kunci : Literasi Digital, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 07:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 07:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59757 |
Actions (login required)
View Item |