KHOTIMAH, MELLY SITI, 185020032 (2022) ANALISIS PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Analisis pada Siswa Kelas XII IPS Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 dan 2020/2021 di SMA Negeri 1 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COVE DEPAN.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
1. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSRAK.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan program sekolah penggerak di SMAN 1 Lembang. (ii) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan program sekolah penggerak di SMAN 1 Lembang. (iii) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah dan sebelum menerapkan program sekolah penggerak di SMAN 1 Lembang. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Analisis Data Primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data primer dokumen guru dengan bantuan program IBM SPSS 24.0 for windows. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) Hasil belajar siswa kelas XII IPS tahun akademik 2019/2020 yang memiliki nilai maximum sebesar 90.00, nilai minimum sebesar 59.00, nilai median 74.00, nilai modus 59 dan memiliki nilai standar deviasi 9.879 yang kurang dari nilai rata-rata (mean) menunjukkan bahwa pada data hasil belajar tahun akademik 2019/2020 bersifat homogen, nilai varians 97.591 dan nilai ratarata (mean) hasil belajar siswa yaitu sebesar 70.99. (ii) Hasil belajar siswa kelas XII IPS tahun akademik 2020/2021 yang memiliki nilai maximum sebesar 99.00, nilai minimum sebesar 60.00, nilai median 74.00, nilai modus 59 dan memiliki nilai standar deviasi 9.879 yang kurang dari nilai rata-rata (mean) menunjukkan bahwa pada data hasil belajar tahun akademik 2020/2021 bersifat homogen, nilai varians 97.591 dan nilai rata-rata (mean) hasil belajar siswa yaitu sebesar 85.08 lebih baik di bandingkan dengan nilai hasil belajar sebelum menggunakan sekolah penggerak. (iii) Hasil N-Gain terlihat bahwa nilai rata-rata yang di peroleh sebesar 60.20 dan dapat di persentase kan sebesar 60%. Dapat disimpulkan bahwa program sekolah penggerak cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Lembang. Dan berdasarkan hasil Uji Hipotesis pada data hasil belajar nilai Sig. (2- tailed) 0.00 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan Sebagai akhir dari penelitian, penulis nenyampaikan saran (i) Bagi siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan adanya program sekolah penggerak. (ii)Bagi pendidik diharapkan pendidik dapat menerapkan program sekolah penggerak dengan baik iii) Bagi sekolah diharapkan mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas program sekolah penggerak. Bagi peneliti lain diharapkan dapat mencari lebih banyak sumber dan referensi. Kata Kunci : Program Sekolah Penggerak, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 02:54 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 02:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59688 |
Actions (login required)
View Item |