PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

KURNIAWAN, RAFIKA DWI (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER(4).pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN(7).pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(7).pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(7).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(7).pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB III(7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV(8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V(7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(5).pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan kurang efektifnya kegiatan pembelajaran dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan penggunaan model pembelajaran matematika di sekolah, agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan berjalan dengan baik. Adapun salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu penerapan pembelajaran Problem Solving. Pembelajaran ini berpusat pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang akan membuat siswa menjadi lebih aktif berpikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data hingga akhirnya menyimpulkan. Langkah pembelajaran problem solving dimulai dari memahami masalah, menyusun rencana pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; apakah self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh pembalajaran problem solving. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIM VIIN SMPN 3 Katapang dengan objeknya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran problem solving lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan selfefficacy siswa yang memperoleh pembelajaran problem solving. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Pembelajaran Problem Solving.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:49
Last Modified: 28 Sep 2022 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59583

Actions (login required)

View Item View Item