NURFITRIANI, NABILAH, 185040075 (2022) PENERAPAN FLIPPED TEACHING PADA MATERI SISTEM SARAF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SISWA KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN NABILAH.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (727kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan termasuk di dunia pendidikan. Kualiatas pendidikan mengalami tantangan sebagai dampak pandemi virus covid-19. Flipped teaching dapat digunakan sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa ditengah pandemi. SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara adalah salah satu sekolah menengah atas yang menggunakan metode flipped teaching dalam metode pembelajaran ketika pandemi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada materi sistem saraf setelah pembelajaran dengan menggunakan flipped teaching dan respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media berbasis flipped teaching pada kelas XI SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara. Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental dengan sumber data uji soal pretets, posttest dan angket. Hasil yang didapatkan adalah strategi pembelajaran dengan model flipped teaching dinyatakan sebagai strategi yang efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa hal ini didukung oleh respon positif dari siswa terhadap model pembelajaran flipped teaching pada materi sistem saraf. Hasil analisis data angket respon peserta didik dalam bentuk presentase mengenai pembelajaran dimana dapat dilihat bahwa persentase banyaknya respon positif peserta didik terhadap model pembelajaran flipped teaching pada materi sistem saraf yaitu 51% lebih besar dibandingkan respon negatif peserta didik yang hanya sebesar 49%. Selain itu, Pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari sebelum kelas dimulai sangat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Flipped teaching, Materi Sistem Saraf
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 07:37 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 07:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59565 |
Actions (login required)
View Item |