EFEKTIVITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES SEBAGAI ALAT EVALUASI PENGUASAAN KONSEP SISTEM REPRODUKSI

Hadianti, Ismi, 185040026 (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES SEBAGAI ALAT EVALUASI PENGUASAAN KONSEP SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan Ismi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

―Aplikasi Ethno-Edugames Sebagai Alat Evaluasi Penguasaan Konsep Materi Sistem Reproduksi,‖ sesuai dengan judul penelitian ini. Peneliti menemukan permasalahan terkait pembelajaran siswa yang berbasis hafalan, sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan memahami konsep; Oleh karena itu, diperlukan metode khusus yang dapat menggugah hati siswa untuk belajar menguasai konsep. Konsep tersebut ditanamkan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai untuk membantu kegiatan belajar mengajar yang efektif, menyenangkan, dan edukatif. Metode eksperimen yang digunakan pada penelitian ini, terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Target untuk penelitian ini adalah siswa di sebuah sekolah menengah di Majalaya. Untuk mengumpulkan data kuantitatif pada penguasaan konsep siswa, menggunakan pre-test dan posttest dengan 20 soal pilihan ganda. Untuk mengumpulkan data kualitatif menggunakan angket, sebagai respon siswa terhadap penggunaan aplikasi EthnoEdugames. Berdasarkan hasil N-gain, 94% anggota kelas kontrol memenuhi kriteria rendah, dan 6% memenuhi kriteria sedang. N-gain kelas eksperimen kemudian diketahui bahwa 77% memenuhi kriteria sedang, 17% memenuhi kriteria rendah, dan 6% memenuhi kriteria tinggi. Berdasarkan hasil angket, mayoritas siswa menyukai penggunaan aplikasi Ethno-Edugames dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan soal evaluasi aplikasi Ethno-edugames dapat meningkatkan penguasaan konsep pada materi Sistem Reproduksi. Kata Kunci: Penguasaan Konsep; Aplikasi Ethno-Edugames; Sistem Reproduksi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:23
Last Modified: 22 Sep 2022 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59547

Actions (login required)

View Item View Item