Hadianti, Ismi, 185040026 (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES SEBAGAI ALAT EVALUASI PENGUASAAN KONSEP SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan Ismi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
―Aplikasi Ethno-Edugames Sebagai Alat Evaluasi Penguasaan Konsep Materi Sistem Reproduksi,‖ sesuai dengan judul penelitian ini. Peneliti menemukan permasalahan terkait pembelajaran siswa yang berbasis hafalan, sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan memahami konsep; Oleh karena itu, diperlukan metode khusus yang dapat menggugah hati siswa untuk belajar menguasai konsep. Konsep tersebut ditanamkan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai untuk membantu kegiatan belajar mengajar yang efektif, menyenangkan, dan edukatif. Metode eksperimen yang digunakan pada penelitian ini, terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Target untuk penelitian ini adalah siswa di sebuah sekolah menengah di Majalaya. Untuk mengumpulkan data kuantitatif pada penguasaan konsep siswa, menggunakan pre-test dan posttest dengan 20 soal pilihan ganda. Untuk mengumpulkan data kualitatif menggunakan angket, sebagai respon siswa terhadap penggunaan aplikasi EthnoEdugames. Berdasarkan hasil N-gain, 94% anggota kelas kontrol memenuhi kriteria rendah, dan 6% memenuhi kriteria sedang. N-gain kelas eksperimen kemudian diketahui bahwa 77% memenuhi kriteria sedang, 17% memenuhi kriteria rendah, dan 6% memenuhi kriteria tinggi. Berdasarkan hasil angket, mayoritas siswa menyukai penggunaan aplikasi Ethno-Edugames dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan soal evaluasi aplikasi Ethno-edugames dapat meningkatkan penguasaan konsep pada materi Sistem Reproduksi. Kata Kunci: Penguasaan Konsep; Aplikasi Ethno-Edugames; Sistem Reproduksi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 07:23 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 07:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59547 |
Actions (login required)
View Item |