PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN “E-LEARNING SEKOLAHAN.ID” PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA

Dewi , Mediana, 185040007 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN “E-LEARNING SEKOLAHAN.ID” PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan ide, gagasan atau produk yang bersifat orisinil. Kemampuan ini sangat dibutuhkan di era society 5.0 dan termasuk ke dalam salah satu keterampilan abad 21. Beberapa penelitian menyebutkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di Indonesia cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui blended learning menggunakan e-learning sekolahan.id pada mata pelajaran biologi materi ekosistem di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest dan pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 3 di SMA Pasundan 3 Bandung sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada blended learning sebelum menggunakan e-learning sekolahan.id yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 47,68 dan termasuk ke dalam kategori “cukup kreatif”. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif peserta pada blended learning sesudah menggunakan e-learning sekolahan.id yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 62,86 dan termasuk kedalam kategori “kreatif”. Berdasarkan hasil tersebut peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui blended learning menggunakan e-learning sekolahan.id meningkat sebesar 31,83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat meningkat melalui blended learning menggunakan e-learning sekolahan.id. Kata kunci : Blended learning, e-learning, sekolahan.id, kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:41
Last Modified: 15 Sep 2022 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58969

Actions (login required)

View Item View Item