PENERAPAN MODEL CIRSA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA POKOK MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Nurandhini, Alviny Dwi, 185040066 (2022) PENERAPAN MODEL CIRSA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA POKOK MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya minat membaca serta pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan peserta didik kurang aktif dikelas. Hal ini mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif peserta didik dimana kemampuan ini penting untuk menghadapi tantangan di abad-21. Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam memilih model pembelajaran agar menumbuhkan minat membaca dan aktif dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan berpikir peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model CIRSA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pokok materi perubahan lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu preexperiment tipe one group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Tambelang Kabupaten Bekasi sebanyak 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes essay sebanyak 12 soal yang disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir kreatif dan materi perubahan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai taraf signifikansi sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRSA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, CIRSA, Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:00
Last Modified: 15 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58948

Actions (login required)

View Item View Item