PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN METACOGNITIVE

ROSALINA, LARAS, 185050011 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN METACOGNITIVE. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Ringkesan.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan self-regulated learning adalah penting untuk ditingkatkan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Berpikir kritis merupakan dasar dari kompetensi kognitif berpikir tingkat tinggi, sementara selfregulated learning merupakan salah satu nilai karakter yang menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam peran sekolah. Namun, kemampuan berpikir kritis dan selfregulated learning di sekolah dinilai masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan pendekatan metacognitive dengan siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 2) untuk mengetahui perbandingan self-regulated learning antara siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan pendekatan metacognitive dengan siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 3) untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning dengan pendekatan metacognitive terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self-regulated learning siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen atau percobaan untuk melihat hubungan sebab-akibat di SMA Negeri 16 Bandung. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah nonequivalent (pretest and posttest) control-group. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis berupa soal uraian dan angket mengenai self-regulated learning siswa. Berdasarkan hasil uji coba instrumen, dinyatakan instrumen memenuhi kriteria yang baik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan pendekatan metacognitive lebih tinggi daripada model Discovery Learning; 2) Self-regulated learning siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan pendekatan metacognitive lebih baik daripada model Discovery Learning; 3) Efektivitas model Discovery Learning dengan pendekatan metacognitive terhadap kemampuan berpikir kritis matematis tergolong kategori besar atau tinggi, sedangkan efektivitas model Discovery Learning dengan pendekatan metacognitive terhadap self-regulated learning siswa tergolong kategori sedang. Kata kunci: Discovery Learning, pendekatan metacognitive, berpikir kritis, selfregulated learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Sep 2022 02:03
Last Modified: 10 Sep 2022 02:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58895

Actions (login required)

View Item View Item