PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 031 PELESIRAN BANDUNG (Deskriptif Kuantitatif dengan Teknik Eksperimen)

Oktavia,Lusiana, 185060038 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 031 PELESIRAN BANDUNG (Deskriptif Kuantitatif dengan Teknik Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstract.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. abstrak sunda.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. bab I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. bab II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
13. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
14. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
15. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi sehingga menetapkan kebijakan work form home (WFH). Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan google classroom terhadap hasil belajar peserta didik di kelas SDN 031 Pelesiran Bandung. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07 Juni 2022 sampai dengan 09 Juni 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design). Teknik sampling yang digunakan dalan penelitian ini adalah non probability sampling dengan sampel berjumlah 20 orang yaitu kelas VA SDN 031 Pelesiran Bandung. Kelompok eksperimen melakukan pembelajaran dengan google classroom, sedangkan kelas kontrol melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Soal tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar peserta didik. hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berjalan dengan efektif, hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai t hitung sebesar │3395│> 2.085 t tabel dan diketahui nilai sig. (2.-tailed) sebesar 0.02 < 0.05. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan nilai t hitung sebesar │21.059│> 2.085 dan diketahui nilai sig. (2.-tailed) sebesar 0.00, artinya nilai sig. < 0.05. Kemudian dilakukan uji effect size, didapatkan nilai sebesar 1.08. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diberikan tindakan berupa penggunaan google classroom. Kata Kunci: Google Classsroom, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:15
Last Modified: 06 Sep 2022 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58848

Actions (login required)

View Item View Item