KHOERUNNISA,DWI HILDA, 185010037 (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn (Penelitian Survei di SMP Negeri 15 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 3 ABSTARK.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 6 BAB 1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
FILE 7 BAB II.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
FILE 8 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
FILE 9 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
||
Text
FILE 10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Judul pada penelitian ini yaitu Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn. Tujuan pada penelitian ini ialah: (1) mengetahui kemandirian belajar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Bandung. (2) mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Bandung. (3) mengetahui pengaruh kemandirian terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan metode survey dan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara serta teknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji homogenitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis pada penelitian ini yaitu “terdapat pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap motivasi belajar (Y)”. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang cukup dari variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 984 atau 98,4%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y = 16,245 + 785X artinya jika setiap persepsi mahasiswa tentang profesi guru (variabel X) meningkat 1 poin maka menyebabkan kecenderungan peningkatan minat menjadi guru (variabel Y) sebesar 984. Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan hasil perhitungan sebesar 98,4%, dan sebagian lainnya sebesar 1,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan hipotesis penelitian ialah dapat diterima, karena terdapat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:19 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58593 |
Actions (login required)
View Item |