Pebriyanti, Fitri, 175030067 (2022) ANALISIS MOSI DAN POLA ARGUMENTASI PADA VIDEO DEBAT KEDUA CALON PRESIDEN 2019 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENGANALISIS TEKS DEBAT KELAS X TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Sunda.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab II.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
9. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
10. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
||
Text
11. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Teks debat merupakan kegiatan adu argumen untuk menguatkan suatu pendapat untuk memenangkan kejuaraan. Teks tersebut termasuk salah satu jenis teks yang terdapat pada materi kelas X SMA pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini akan menganalisis tentang mosi dan pola argumentasi pada video debat kedua calon presiden 2019 yang diambil dari Youtube. Kemudian setelah proses menganalisis video tersebut di pilah untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas X SMA. Penulis mengharapkan dalam penelitian ini peserta didik agar lebih mengembangkan kemampuan menyimak serta aktif dalam berbicara. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian yang berjudul “Analisis Mosi dan Pola Argumentasi Pada Video Debat Kedua Calon Presiden 2019 Sebagai Alternatif Bahan Ajar Menganalisis Teks Debat Kelas X Tahun Ajaran 2020/2021” yang bertujuan untuk lebih mengetahui mengenai mosi dan pola argumentasi dalam video debat kedua calon presiden 2019 dan hasil kesesuaian analisis tersebut harus sesuai dengan tuntutan kurikulum dan bahan ajar. Selanjutnya, melakukan validasi modul agar kegunaan modul tersebut layak atau tidak untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks debat dikelas X SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang meliputi analisis, dokumentasi, studi pustaka dan simak-catat. Hasil analisis yang telah penulis lakukan pada video debat kedua calon presiden, mosi pada video tersebut sesuai dengan materi yaitu terdapat tema dan topik serta pola argumentasi pada video tersebut sesuai dengan materi yaitu terdapat bantahan, sanggahan dan bukti-bukti yang kuat. Berdasarkan hasil tersebut, maka teks debat yang ada di video debat kedua calon presiden 2019 layak untuk dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar, karena di dalamnya sudah memuat KI, KD, materi/isi, bahasa, dan perkembangan psikologis. Kata Kunci : Analisis, Teks debat, Video Debat, Bahan Ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 08:04 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 08:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58197 |
Actions (login required)
View Item |