Tri Ahmad widodo, 105060088 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover baru.doc Download (55kB) |
|
Text
LAMPIRAN AWAL.rtf Download (4MB) |
|
Text
BAB I OKE 100%.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II OKE 100%.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB III OKE 100%.docx Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
BAB IV dan V OKE SIKAP 100% jadi.docx Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (57kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku kegiatan pembelajaran 4 di Kelas IV SD Negeri Kebon Gedang 2. Masalah hasil pembelajaran tematik yang kurang memuaskan terdorong dari beberapa faktor seperti siswa cepat jenuh dan merasa bosan, kurangnya kreativitas guru dalam mengajar, kurang tersedianya alat peraga yang mendukung kegiatan pembelajaran. Mengacu pada permasalahan di atas melalui Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu masalah untuk memecahkan masalah tersebut, sehingga dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari kemampuan awal siswa sebesar 65,81 dengan batasan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu minimal 70 untuk hasil belajar dan nilai B untuk sikap rasa ingin tahu sesuai dengan kurikulum 2013. Pada siklus I nilai sikap rasa ingin tahu siswa mendapat nilai rata-rata 2,98 atau 74,50% dan hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 76,45 atau 76,45%, sedangkan pada siklus II meningkat nilai sikap rasa ingin tahu mendapat nilai rata-rata 3,52 atau 88% dan hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 91,61 atau 91,61%. Dengan demikian secara keseluruhan mengalami peningkatan yang memuaskan dari awal kemampuan siswa. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran discovery learning, sikap rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku kegiatan pembelajaran 1 dapat meningkat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Sikap Rasa Ingin Tahu.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 17:49 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 17:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5735 |
Actions (login required)
View Item |