PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Mita Rizky, 105060083 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover baru.doc

Download (55kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN MITA.rtf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV dan V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV masih banyak yang merasa kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku kegiatan pembelajaran 1. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap percaya diri di kelas IV SD Negeri Kebon Gedang Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari kemampuan awal siswa sebesar 64,83 dengan batasan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu minimal 70 untuk hasil belajar dan nilai B untuk sikap percaya diri sesuai dengan kurikulum 2013. Pada siklus I nilai sikap percaya diri siswa mendapat nilai rata-rata 2,97 atau 74,25% dan hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 74,48 atau 74,48%, sedangkan pada siklus II meningkat nilai sikap percaya diri mendapat nilai rata-rata 3,41 atau 85,25% dan hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 88,96 atau 88,96%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sikap percaya diri siswa pada pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku kegiatan pembelajaran 1 dapat meningkat. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Sikap Percaya Diri,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Jul 2016 17:48
Last Modified: 21 Jul 2016 17:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item