Azizah, Wafiq, 175020060 (2022) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri Jatinunggal Tahun Ajaran 2021-2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab II.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
||
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) |
||
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) pengaruh Self-Efficacy terhadap minat belajar siswa (ii) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa (iii) pengaruh Self-Efficacy dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri Jatinunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dengan jumlah sampel sebanyak 85 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (i) tingkat Self-Efficacy siswa berada dalam kategori “Cukup” berpengaruh sebesar 3,31 dengan interval 2,61 s/d 3,40 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 29,6% terhadap minat belajar siswa (ii) lingkungan keluarga berada dalam kategori “Cukup” berpengaruh sebesar 2,92 serta memberikan sumbangan sumbangan efektif sebesar 17,4% terhadap minat belajar siswa (iii) dilihat dari perhitungan R Square sebesar 0.470, Self-Efficacy dan lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri Jatinunggal sebesar 29,6% dan 17,4%, secara simultan kontribusi berpengaruh sebesar 47% terhadap minat belajar. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran: (i) bagi guru diharapkan dapat memberikan dorongan serta memperhatikan keadaan siswanya sehingga Self-Efficacy peserta didik dapat berkembang dengan baik (ii) bagi orang tua diharapkan orang tua dapat lebih memperhatikan kebutuhan kegiatan belajar, fasilitas, lingkungan keluarga yang dapat memberikan pengaruh positif (iii) bagi siswa diharapkan siswa selalu untuk menerapkan Self-Efficacy yang tinggi dalam melakukan segala aktivitas belajar (iv) bagi peneliti selanjutnya dihaarpkan untuk mencari dan mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat belajar. Kata Kunci : Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 06:04 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 06:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56955 |
Actions (login required)
View Item |