Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N Sungailiat Bangka Belitung

Garina Blara, 172020023 (2022) Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N Sungailiat Bangka Belitung. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa (GARINA BLARA 172020023).pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover (GARINA BLARA 172020023).pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka (GARINA BLARA 172020023).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan (GARINA BLARA 172020023).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (GARINA BLARA 172020023).pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi (GARINA BLARA 172020023).docx

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2 (GARINA BLARA 172020023).pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap dan perilaku penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus serta untuk mengetahui apakah dukungan keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data interview (wawancara), observasi, dokumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga siswa SLB N Sungailiat yang berjumlah 159 keluarga. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 31 keluarga dari populasi sebanyak 159 keluarga. Pada penelitian ini peneliti menggunakan simple random sampling. Tingkat pengukuran variabel menggunakan skala model likert.Dukungan keluarga dengan motivasi belajar anak kebutuhan khusus tidak berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus hanya berpengaruh secara parsial. Besarnya angka koefisien determinasi pada penelitian ini adalah sebesar 0.198 atau sama dengan 19.8%. Angka tersebut mengandung bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 19.8% secara simultan. Sedangkan sisanya (100% - 19.8% = 80.2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian. Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Motivasi Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:31
Last Modified: 29 Mar 2022 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56541

Actions (login required)

View Item View Item