POLA KOMUNIKASI GURU SLB ABCD CARINGIN BANDUNG DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DENGAN LATAR BELAKANG SUKU YANG BERBEDA

Dian Rahmawati, 162050153 (2022) POLA KOMUNIKASI GURU SLB ABCD CARINGIN BANDUNG DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DENGAN LATAR BELAKANG SUKU YANG BERBEDA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Guru SLB ABCD Caringin Bandung dalam mengembangkan potensi anak dengan latar belakang suku yang berbeda. Kegiatan komunikasi tentu dapat terjadi kapanpun,baik secara verbal maupun nonverbal. Kegiatan komunikasi juga dapat berlangsung dimanapun individu berada dan tidak terkecuali pada anak berkebutuhan khusus, mereka melakukan komunikasi didalam kehidupan mereka dengan cara yang mereka miliki dan mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pola komunikasi yang terjadi pada guru dengan siswa berkebutuhan khusus, khusunya pada anak tunanetra, mengetahui bagaimana cara atau pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan potensi anak. lalu kaitannya dengan pengembangan hubungan anatara guru dan siswa penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap orientasi, tahap penjajakan afektif, tahap afektif, dan tahap stabil pada siswa tunanetra. secara umum penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, menenerangkan, dan menginterpretasikan data secara natural tanpa adanya intervensi dari pihak luar mengenai komunikasi yang digunakan oleh Guru SLB ABCD Caringin Bandung terhadap siswa berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode kulalitatif bertujuan untuk membuat deskriptiff secara sistematis,faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan, dan studi lapangan yaitu observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Lalu untuk menambah kelengkapan data peneliti juga menggunakan internet searching. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan, maka diperoleh data bahwa komunikasi yang digunakan oleh Guru SLB ABCD Caringin Bandung dalam mengembangkan potensi anak dengan latar belakang suku yang berbeda adalah menggunakan komuikasi verbal dan nonverbal karena dengan komunikasi tersebut pemahaman anak berkebutuhan khusus terhadap teman dan lingkungannya dapat dipahami dengan baik. adapun metode khusus yang digunakan guru slb caringin bandung dalam mengembangkan potensi anak yaitu menggunaka metode inkuiri, yaitu suatu cara atau penyampain pelajran dengean menelaah sesuatu yang bersifat mencari secara kritis, analisis, dan argumentative (ilmiah) Hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai cara untuk menunjang tercapainya kepahaman didalam komunikasi dengan anak tunanetra adalah dengan cara membiasakan anak berkomunikasi dengan masyarakat umum, sehingga semakin banyak mereka berkomunikasi, semakin banyak pula pengalaman yang merka dapatkan, maka potensi anak pun akan muncul dan terus berkembang. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Verbal dan Noverbal, Anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:09
Last Modified: 04 Mar 2022 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55957

Actions (login required)

View Item View Item