Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Googleclassroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Kota Bandung

Auliadara, Nurul, 175020061 (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Googleclassroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pembelajaran daring berbasis Googleclassroom. (2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi (3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran daring berbasis Googleclassroom terhadap efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada 106 sampel peserta didik. Hasil penelitian menunjukan (1) Pelaksanaan pembelajaran daring berbasis google classroom pada mata pelajaran ekonomi terlaksana dengan baik sebesar 74,96 % dan menghasilkan rata-rata nilai 3,75. (2) Efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 55,49% dan menghasilkan rata-rata nilai 2,77. (3) Penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran daring dapat memberikan pengaruh postif terhadap efektivitas pembelajaran siswa, berdasarkan hasil uji koefisien regresi sebesar 0.670 dan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,786 atau 78,6%. Sedangkan untuk besarnya kontribusi yang diberikan variabel X dan Y sebesar 61,8 % dan 38,2%. Dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom dapat mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran Siswa. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait (1) Bagi Pendidik, diharapkan dapat menjadi bahan petimbangan seorang guru untuk menggunakan media pembelajaran dalam melaksanakan proses pembelajaran, (2) Bagi peserta didik, diharapkan mampu mengasah kreativitas dan meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. (3) Bsgi Sekolah, Pembelajaran daring berbasis google classroom dapat terlaksana dengan baik di lingkungan sekolah, akan tetapi untuk efektivitas pembelajaran siswa, ini menjadi hal yang harus dipertimbangkan oleh pihak sekolah selanjutnya. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih dalam mengenai penomena yang akan diangkat dalam penelitian, perbanyak referensi yang berkaitan dengan penelitian. Kata Kunci : Pembelajaran daring, Google Classroom, Efektivitas Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:07
Last Modified: 07 Feb 2022 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55616

Actions (login required)

View Item View Item