YULIANI, SILVIA, 175060143 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN CITRASARI KECAMATAN LEMBANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan solusi dari adanya permasalahan pandemi Covid-19. Peraturan pemerintah mengharuskan setiap sekolah belajar dari rumah, sehingga pembelajaran daring digunakan sebagai pengganti pembelajaran tatap muka agar proses pembelajaran tetap berjalan. Proses pembelajaran dengan menggunakan sistem pembelajaran daring dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Berbagai hambatan dapat mempengaruhi terhadap kegiatan pembelajaran terutama pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan: a) pelaksanaan pembelajaran daring; b) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran daring, dan c) motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV di SDN Citrasari Kecamatan Lembang pada tahun ajaran 2020/2021 semester II. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, angket melalui google form, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik melalui aplikasi WhatsApp, namun pembelajaran daring kurang efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu: a) siswa dekat dengan keluarganya; b) memiliki handphone, kuota internet yang cukup, dan sinyal yang stabil; serta c) penggunaan video pembelajaran yang menarik. Selain faktor pendukung terdapat beberapa kendala yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring, yaitu: a) keterbatasan penilaian; b) kurangnya perhatian dari orang tua, dan c) tidak semua siswa mengumpulkan tugas sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Motivasi belajar siswa cukup baik, dengan dukungan dari orang tua maupun guru. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:34 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55435 |
Actions (login required)
View Item |