Meliyana, Mia, 175060150 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SANCA III. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama Covid-19 di SDN Sanca III. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN Sanca III. Adapun pokok-pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu: (1) bagaimana kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN Sanca III, (2) bagaimana upaya kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SDN Sanca III. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah skala likert, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Sumber data dari penelitian ini 2 responden utama yaitu guru dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama Covid-19, guru sulit untuk membimbing secara langsung bagi peserta didik yang belum bisa membaca dan berhitung, guru tidak menguasai teknologi untuk membuat media pembelajaran, peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan, adanya aktivitas dirumah yang menghambat proses pembelajaran daring, tidak semua peserta didik memiliki alat untuk proses pembelajaran daring, peserta didik tidak selalu memiliki kuota, lemahnya jaringan internet disekitar rumah, dan orang tua sulit dalam membimbing peserta didik pada saat proses pembelajaran daring. Adapun upaya yang dilakukan guru membuat kelompok kecil bagi peserta didik yang belum bisa membaca dan berhitung, guru selalu memberi tahu kepada peserta didik untuk terus melanjutkan pembelajaran berikutnya dibuku modul supaya materi tidak terhambat, seminggu sekali mengadakan tatap muka untuk pengumpulan tugas, peserta didik yang tidak memiliki kuota atau alat teknologi selalu bergabung dengan teman yang jaraknya dekat dengan rumah, guru selalu mengingatkan kepada orang tua peserta didik untuk selalu membimbing anak-anaknya dirumah. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 06:29 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 06:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55402 |
Actions (login required)
View Item |