MANURUNG, ANGGI PUTRI TOGU MARITO, 175060140 (2022) KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak_175060140_Anggi Manurung.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_175060140_Anggi Manurung.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II revisi_175060140_Anggi Manurung.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
BAB III_175060140_Anggi Manurung.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
Text
BAB IV_175060140_Anggi Manurung.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
||
Text
BAB V_175060140_Anggi Manurung.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan studi literatur dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi dan pendekatan kealitatif. Pada penelitian kajian pustaka ini menggunakan sumber tertulis seperti artikel, jurnal, skripsi dan dokumen-dokumen tertulis yang relevan lainnya. Penelitian kajian pustaka ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran masih berkutat pada cara lama yaitu teacher center sehingga dapat menurunkan motivasi dan semangat siswa, yang akan berdampak pada penguasaan materi dan berakibat pada hasil belajar yang rendah. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam menangani permasalah tersebut yaitu dengan melakukan variasi pembelajaran, dengan variasi yang dilakukan guru, tidak hanya siswa akan puas dalam belajar, tetapi guru juga akan puas dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengadakan variasi di Sekolah Dasar; (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami guru dalam mengadakan variasi di Sekolah Dasa; (3) untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah guru mengadakan variasi belajar pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) mengadakan variasi dalam pembelajaran dapat dikatakan efektif untuk membantu siswa mencapai keberhasilan belajarnya; (2) kendala-kendala yang ditemui pada penerapan variasi pembelajaran yaitu kurangnya sarana dan prasarana sekolah, kurangnya inisiatif guru dalam menciptakan media serta memanfaatkan lingkungan sekitar; (3) respon yang diberikan siswa setelah diterapkannya variasi pembelajaran memiliki respon yang baik, siswa menunjukan kesiapannya dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik selain itu siswa tampak antuias mengikuti pembelajaran, hal ini dapat dibuktikan pada hasil belajar siswa yang meningkat. Kata kunci: Keterampilan Guru SD, Pembelajaran Tematik, Variasi Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 06:51 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54954 |
Actions (login required)
View Item |