PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PBL PADA MINI STUDIO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

ROSMAWATI, RANIA, 175040026 (2021) PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PBL PADA MINI STUDIO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan PBL pada mini studio dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada masa pandemi. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X Mipa 6 di SMA Pasundan 1 Bandung, sampel yang diambil adalah siswa sebanyak 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah preexperimental dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Parameter yang diukur adalah kuesioner untuk mengetahui respon minat belajar terhadap pembelajaran menggunakan mini studio daring dan hasil tes pengetahuan untuk mengetahui peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil kuesioner minat belajar kelas eksperimen pada indikator perasaan senang dengan hasil presentase 79,50% dalam kategori baik, indikator ketertarikan dengan hasil presentase 75,50% dalam kategori baik, indikator perhatian siswa dengan hasil presentase 76,60% dalam kategori baik, indikator keterlibatan siswa dengan hasil presentase 76,50% dalam kategori baik. Hasil dari presentase kuesioner ketertarikan peserta didik terhadap mini studio dengan hasil 82% dalam kategori sangat baik, hasil presentase akses zoom menggunakan mini studio diperoleh 69% dalam kategori baik, hasil presentase interaktif peserta didik dan guru diperoleh 77% dengan kategori baik dan hasil presentase tampilan zoom mini studio menarik dan baru bagi peserta didik diperoleh 62% dengan kategori cukup. Dari data hasil kuesioner menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan mini studio daring dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil belajar siswa Dilakukan uji paired sample t-test menunjukan bahwa Sig.(2 tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima oleh karena itu pembelajaran mengalami perbedaan yang signifikan, menunjukkan bahwa pada kegiatan pretest diperoleh nilai terendah siswa sebesar 44,4 dan nilai posttest paling tertinggi siswa sebesar 86,8. Dari data tersebut menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan mini studio daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Serta aktivitas belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang membuat peserta didik akan memunculkan sebuah solusi untuk penyelesaian masalah. Kata kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Mini Studio, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Dec 2021 06:20
Last Modified: 13 Dec 2021 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54467

Actions (login required)

View Item View Item