Putri, Salsabila Yustika, 175060052 (2021) ANALISIS PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. 175060052 COVER.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
2. 175060052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
5. 175060052 ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
6. 175060052 ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7. 175060052 ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
12. 175060052 BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
13. 175060052 BAB II.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
14. 175060052 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
Text
15. 175060052 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
Text
16. 175060052 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
Text
17. 175060052 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemic covid-19, dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring dan dilakukan di rumah masing-masing, sehingga mau tidak mau orang tua harus berperan aktif dalam pendidikan anak untuk bisa meningkatkan motivasi belajar. Namun faktanya selama covid-19 kebanyakan dari orang tua sibuk dengan pekerjaannya dan ada juga orang tua yang gagap akan teknologi karena ketidakfasihannya sehingga menyebabkan rendahnya peranan orang tua dalam memotivasi anak belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji study literatur mengenai peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di Sekolah Dasar Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data yang dilakukan secara induktif dan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan upaya orang tua dalam memotivasi belajar anaknya dapat terlihat dari cara orang tua siswa membuat jadwal belajar dengan baik,menciptakan suasana yang mneyenangkan pada saat pembelajaran, selalu memberikan perhatian dan meluangkan waktu untuk bisa mendampingi anak dalam belajar online, serta memfasilitasi semua pelengkapan belajar anak, dan memberikan penghargaan terhadap prestasi belajar anak yang meningkat yakni memberi hadiah maupun pujian yang membuat anak merasa bangga dan ingin lebih giat belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua yang memiliki semangat tinggi untuk bisa motivasi belajar dan mengembangkan kemampuan belajar anak akan membawa dampak yang baik bagi anak, apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini anak-anak sangat membutuhkan peran dari orang tua untuk menumbuhkan minat belajar mereka melalui pembelajaran yang akan diajarkan dirumah. Kata Kunci : Peranan Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 06:36 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 06:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54400 |
Actions (login required)
View Item |