ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

HABIBAH, AGHNIA SITI NUR, 175050049 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB V_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Aghnia Siti Nur Habibah (175050049).pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan matematis yang perlu dimiliki oleh siswa salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dan salah satu kemampuan dalam aspek afektif yang perlu dimiliki oleh siswa adalah Self-Regulated Learning. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa dibutuhkan model pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education; (2) mengetahui kemampuan Self-Regulated Learning siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education; (3) korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan SelfRegulated Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian kualitatif berupa data primer dan data sekunder, yaitu data dari artikel yang terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-Regulated Learning dan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Editing, Organizing, dan Finding. Analisis data yang digunakan berupa Induktif, Interpretatif, dan Komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education mengalami peningkatan yang baik; (2) Self-Regulated Learning siswa Pendekatan Realistic Mathematics Education mengalami peningkatan yang baik; (3) korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa memiliki korelasi dan hubungan yang positif. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Regulated Learning, Pendekatan Realistic Mathematics Education

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:38
Last Modified: 17 Nov 2021 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54268

Actions (login required)

View Item View Item