Firdhayanti, Dellia, 175060064 (2021) ANALISIS TERHADAP PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING BELAJAR SISWA DIRUMAH UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstract.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
10.Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
Text
11.Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text
12.Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
Text
13.Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya peran orang tua dalam membimbing belajar dirumah yang membuat hasil belajar peserta didik menjadi kurang optimal. Hasil belajar peserta didik yang menurun disebabkan kurangnya pemahaman dalam menguasai bahan pelajaran, maka dibutuhkan peran orang tua untuk membantu meningkatkan hasil belajar dengan membimbing anak belajar dirumah. Namun dalam faktanya banyak orang tua yang tidak bisa membimbing anak belajar dikarenakan berbagai banyak faktor , ada orang tua yang sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk membantu anak belajar, dan juga ada terlihat dari pendidikan orang tua dalam keterbatasan pengetahuan yang kurang yang hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji study literatur mengenai peranan orang tua dalam membimbing belajar peserta didik dirumah untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam analisis ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulkan dari jurnal – jurnal , buku dan arikel. Sumber data yang digunakan didalam analisis ini berupa sumber primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan secara induktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa peran orang tua dalam membimbing belajar dirumah dapat meningkatkan hasil belajar anak, dimana bimbingan dari orang tua memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar anak karena dengan pendampingan orang tua dalam belajar anak akan membuat anak lebih terkontrol lagi dan memudahkan orang tua dalam mengawasi. Berikut merupakan peran orang tua dalam membimbing belajar dirumah untuk meningkatkan hasil belajar, dengan melakukan tanggung jawab perannya sebagai orang tua seperti (a) orang tua sebagai motivator, (b) orang tua sebagai fasilitator, (c) orang tua sebagai mediator. Kata Kunci : Peranan Orang Tua, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 03:11 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 03:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54263 |
Actions (login required)
View Item |