SOLIHAH, NUR FITRI, 175060128 (2021) ANALISIS TENTANG PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur Pada Peserta Didik Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Indonesia.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Inggris.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Sunda.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. Hal tersebut dijumpai oleh penulis pada peserta didik yang kesehariannya diasuh oleh kakek dan neneknya, sementara kedua orang tua mereka bekerja dari pagi hingga malam. Sehingga antusiasme yang diperlihatkan oleh peserta didik ketika mengikuti pembelajaran masih dalam kategori kurang, dan ketika mendapatkan kesulitan dalam pembelajaran peserta didik malah menyalin hasil kerja temannya. Oleh karena itu, untuk mengetahui pengaruh antara bimbingan orang tua dengan motivasi anak, penulis menganalisis tentang pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta jenis pendekatan ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah editing, organizing dan finding. Analisis data yang dipergunakan ialah analisis data deduktif, analisis data induktif dan analisis data interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. Orang tua yang memberikan bimbingan kepada anak dalam kategori yang tinggi, maka motivasi belajar anak juga akan tinggi. Sebaliknya ketika orang tua kurang atau tidak memberikan bimbingan kepada anak, maka motivasi belajar anak juga rendah. Dengan demikian bimbingan orang tua berpengaruh besar terhadap motivasi belajar yang dilakukan oleh peserta didik. Kata Kunci: Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 02:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 02:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54261 |
Actions (login required)
View Item |