Sepriyani, Lia Rukayah, 175020099 (2021) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (SURVEI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA PASUNDAN 8 BANDUNG 2020/2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. abstrak.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstract.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak sunda.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
9. bab 1.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
10. bab 2.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text
11. bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
Text
12. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) |
||
Text
13. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
|
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pesrta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung (ii) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung (iii) pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey dengan sampel pada populasi sebanyak 64 peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program IBM SPSS 24 For Windows. Adapun hasil penelitian menunjukan: (i) Status sosial ekonomi orang tua peserta didik baik (ii) Lingkungan teman sebaya peseta didik dikatakan baik (iii) Motivasi belajar peseta didik baik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung dikatakan baik. Sedangkan hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa terdapat pengaruh status sosial ekonomi dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 60% yang dinilai kuat, dan 40% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis secara parsial dapat dilihat status sosial ekonomi orang tua memiliki hasil H0 menerima dan Ha menolak, dan pada lingkungan teman sebaya memiliki hasil H0 menolak dan Ha menerima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dan terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Pasundan 8 Bandung. Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 06:17 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 06:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54151 |
Actions (login required)
View Item |