AMINAH, SAYYIDAH, 175060020 (2021) ANALISIS METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
15. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian mengenai konsep, strategi penerapan dan hubungan dari metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Keterampilan membaca pemahaman ialah kegiatan yang dilakukan pembaca untuk mendapatkan makna atau informasi yang terkandung dari teks bacaan. Namun, kenyataanya keterampilan dalam membaca pemahaman pada peserta didik masih kurang dikarenakan metode atau strategi yang digunakan guru masih bersifat kontekstual. Berdasarkan latar belakang tersebut, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau kepustakaan yang mengkaji jurnaljurnal. Adapun pendekatan penelitian yang terdapat pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif artinya mendeskripsikan kejadian yang telah dialami oleh subjek dengan bahasa ilmiah yang bersumber dari tiga belas jurnal penelitian terdahulu dengan variabel X yaitu metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan variabel Y adalah keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui editing, organizing dan finding. adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deduktif, induktif, komparatif dan interpretatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman maka diperlukannya salah satu metode atau stategi pembelajaran yaitu metode Survey, Question Read, Recite, Riview (SQ3R). Metode SQ3R adalah metode pembelajaran yang memerhatikan langkah-langkah dalam menggali keterampilan dalam membaca pemahaman peserta didik yang memenuhi enam komponen dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari setiap sumber yang dianalisis dan dikuatkan dengan penelitian terdahulu menyatakan bahwa adanya peningkatan pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik secara signifikan melalui penggunaan metode SQ3R. Kata kunci: Keterampilan membaca pemahaman, metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 08:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 08:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53723 |
Actions (login required)
View Item |