FRIDALIANI, iNDA, 175020026 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENINGKTAKAN MINAT BELAJAR (MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2020/2021 SMA PASUNDAN 7 BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN INDA.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABTRACT.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
10. RINGKESAN.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR.pdf Download (779kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IIIMETODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
||
Text
18. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
Text
19. BAB VSIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dalam meningktakn minat belajar siswa kelas X di SMA Pasundan 7 Bandung (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dalam meningktakn minat belajar siswa Kelas X di SMA Pasundan 7 Bandung (3) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan keluarga dalam meningktakn minat belajar siswa di SMA Pasundan 7 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey, dengan menggunakan populasi dan sampel sensus sebanyak 97 siswa kelas X IPS SMA Pasundan 7 Bandung. Untuk melihat pengaruh variabel X1 (kemandirian belajar), X2 (lingkungan Keluarga) dan Y (minat belajar) maka dilakukan uji regresi linear berganda, uji regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Perhitungan pengujian ini menggunakan IBM SPSS Version 25, adapun hasil pengujiannya ini yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. nilai 2,748>1,293 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X1 (kemandirian belajar) dalam meningktakn variabel Y (minat belajar), nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai 6,704 < 1,293 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X2 (Lingkungan Keluaraga) dalam meningktakn variabel Y (minat belajar), Terdapat pengaruh X1 (kemandirian belajar) dan variabel X2 (lingkungan keluarga) dalam meningktakn Y (minat belajar). Hal ini ditunjukan pada Nilai Fhitung 35,386>4,10, nilai koefisien determianasi yang dihasilkan sebesar 0,426. Hal ini dapat dikatakan variabel kemandirian belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dalam meningktakn minat belajar sebesar 42,6%. Saran dari penulis yakni, bagi sekolah memberikan sosialisasi kepada orangtua mengenai pentingnya meningkatkan minat belajar, bagi guru mata pelajaran ekonomi memberikan pelajaran yang bervariatif kepada siswa agar lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran dikelas, bagi orangtua, memberikan perhatian lebih kepada anaknya, bagi siswa sebaiknya menumbuhkan minat belajar nya, bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 07:09 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 07:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53469 |
Actions (login required)
View Item |