SELATAN, WINDY MUTIARA, 175040003 (2021) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SISTEM EKSRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Berpikir kritis adalah sebuah kemampuan yang dimiliki setiap orang untuk menganalisis ide atau gagasan ke arah yang lebih spesifik. Berpikir kritis juga adalah proses untuk membuat keputusan yang rasional,menilai secara cermat, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep materi Sistem eksresi. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMAN 1 Sukanagara. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukan bahwa pengetahuan awal peserta didik pada materi Sistem Eksresi yang ditentukan melalui pretest menunjukan skor rata-rata sebesar (47,3) sedangakan pengetahuan setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning yang ditentukan melalui posttest menunjukan skor ratarata (79,9). Kategori peningkatan berpikir kritis peserta didik ditentukan melalui perhitungan N-gain. Peserta didik yang masuk ke kategori Tinggi (45,8) , Sedang (45,8), dan Rendah (8,33). Maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan model discovery learning berada pada kategori Tinggi dan Sedang. Kata kunci : Berpikir Kritis, Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 04:03 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53446 |
Actions (login required)
View Item |